Surakarta dan Inspirasinya

Bismillah..

Aku menulis ini ketika sedang menikmati pagi di Kota Solo. Aromanya, sketsanya, senjanya, paginya, kotanya, semuanya mengingatkanku akan Yogya. Yogya dan Solo memang kawan lama yang punya “perangai” yang mirip. Aku masih terkesima dengan kesederhanaan khas Jawa kota Solo. Tenang, namun menghanyutkan. Sederhana tapi sangat indah.

Surakarta, masih menjadi kota yang menginspirasi bagiku. Aku ingat, 6 bulan yang lalu, kereta dari Surabaya menuju Solo mengantarkanku menuju kampus Univeristas Muhammadiyah Surakarta. Dan aku tidak pernah membayangkan bahwa Sabtu, dua hari yang lalu, aku kembali lagi ke kota ini. Kali ini dengan pengalaman yang jauh lebih menginspirasi.

Jika sebelumnya aku sesenggukan disepanjang perjalanan pulang karena mengevaluasi niat diantara sisa-sisa kelelahan dan rasa lapar. Kali ini aku dipenuhi oleh sengatan inspirasi dari semua kisah selama berada di Surakarta.

Bertiga

Tentu aku tidak pernah menyangka akan sepanggung dengan seorang Ahmad Fuadi, sang penulis novel terkenal negeri 5 menara. Atau bersama dengan dr. Gamal, anak muda yang 2 tahun lebih muda dariku namun karyanya begitu banyak dan luar biasa. Salah satu yang paling fenomenal adalah karyanya yang dihargai oleh Pangeran Charles, Inggris. Mereka tentu saja tokoh-tokoh hebat yang masih jauh jika aku bandingkan dengan kapasitas diriku.

Tapi kemudian, sehari bersama mereka setidaknya membuka cakrawala berpikir. Saya menjadi lebih mengenal diriku, mengenal kekuranganku, dan juga sangat mengenal apa yang membedakan aku dengan mereka. In certain point, I can feel what will be my destiny in the near future.

This is a very big step in my life. Saya tidak pernah membayangkan bahwa sepulang dari Surakarta ada pencerahan yang menggetarkan yang aku rasakan.

Dua jam lagi aku akan kembali ke Surabaya. Kota dimana akan kubangun mimpi dan cita-cita setinggi langit, menembus angkasa, dan menerbangkanku sampai ke titik tertinggi seorang manusia. Aku masih memiliki tumpukan paper yang dibaca, urusan dokumen ke Inggris yang belum kelar, juga agenda-agenda kontribusi yang harus kutata.

Terima kasih kepada rekan-rekan FK UMS yang sudah mengundang. Terima kasih sudah mempercayaiku sebagai salah satu bagian dari seminar ini.

Surakarta, 9 Juni 2014

foto diambil dari sini

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s