(Time Management 2) Deep Work Application

Bismillah..

Saya sudah pernah melakukan deepwork tahun lalu ketika menyelesaikan riset tentang prediksi gempa. Dan akhirnya, hari kamis ini saya berhasil melakukan Deep Work lagi. Berikut catatan-catatan menarik deep work yang saya lakukan:

  1. Tahap persiapan: Mengasingkan diri di perpustakaan Univ. Narotama agar tidak ada yang mengganggu saya sama sekali. Memutar instrumentalia kemudian memulai deep work. Sebelum itu saya bangun pukul 3.30, lalu tidur lagi pukul 6.30 dan baru bangun sekitar jam 9. Ini membuat saya tidak mengantuk selama belajar. Persiapan lain, saya print paper yang akan saya baca biar lebih mudah untuk dibaca.
  2. Ketika mengerjakan deep work: Membaca paper calon supervisor saya dengan cermat dan teliti, menuliskannya di note riset saya. Deep work pertama saya berlangsung sekitar 1 jam. 10.20-11.20 pagi. Saya harus mengatakan bahwa bisa jadi ini jam produktif saya. Hampir sebagain besar bagian paper yang saya baca-baca benar-benar dipahami dengan baik, padahal sebelumnya saya pernah membaca paper ini, tapi tidak terlalu paham.
  3. Ada waktu istrahat: Karena terpotong duhur, saya akhirnya memulai kembali deep work saya sekitar pukul 12.20 hingga pukul 2.20 atau sekitar 2 jam. Kali ini saya meng-expand konten materi yang saya pelajari. Alhasil banyak sekali materi lain yang perlu saya pelajari.

Apa selanjutnya?

  1. Menyelesaikan 30% sisa paper di deep work saya selanjutnya.
  2. Membuat list bahan-bahan/materi-materi yang perlu saya pelajari untuk lebih paham konten paper yang saya baca.
  3. Jika sudah menemukan titik terang, akan dilanjutkan dengan membaca, membaca, dan membaca.

Ayo lakukan deep work!

One thought on “(Time Management 2) Deep Work Application

  1. Pingback: (Time Management 3) Deep Work Application (2) | Menjadi Sederhana Itu Indah...

Tinggalkan Balasan