Korea2013: Cara Mendapatkan Visa untuk Conference di Korea Selatan

Ini adalah bagian dari rangkaian tulisan perjalanan saya ke Seoul – Korea Selatan bertajuk Korea 2013. Rangkuman ceritanya ada disini

Bismillah..

Berikut saya share cara mendapatkan visa untuk conference ke Korea Selatan. Insya Allah 11 Mei nanti saya akan berangkat ke Seoul selama 3 hari untuk mengikuti International Conference on Computing and Network Technology (ICNCT). Secara umum, informasi untuk aplikasi visa telah disediakan oleh kedutaan Korea Selatan di sini: http://idn.mofat.go.kr/worldlanguage/asia/idn/visa/step/index.jsp

Di menu laman tersebut kalian tinggal memilih atas tujuan apa kalian ke Korea. Ada aplikasi visa untuk sekedar berwisata sendiri (single), keluarga, mengunjungi kerabat di Korea, hingga aplikasi visa untuk keberangkatan seminar/conference seperti yang saya lakukan.

Seoul

Dokumen yang dibutuhkan untuk aplikasi visa ke Korea Selatan dalam rangka konferensi adalah sebagai berikut:

  1. Passport asli dan passport foto copy. Perhatikan masa expired passport anda. Setahu saya minimal masih berlaku hingga 8 sampai 1 tahun ke depan. Passport saya sendiri baru akan habis Mei 2014 sehingga masih bisa dipakai untuk aplikasi visa.
  2. Mengisi formulir visa yang telah disediakan dalam bentuk PDF dan format doc di web kedutaan KorSel. Di formulir ini anda harus menempelkan foro diri anda terbaru (6 bulan terakhir) berukuran 3.5cm x 4.5 cm.
  3. Surat undangan dari conference/seminar. Pastikan setelah anda mendapat notification of acceptance untuk full paper anda, maka mintalah surat undangan khusus atas nama anda dari panitia, karena surat undangan ini berbeda dengan surat penerimaan full paper untuk dipresentasikan di conference yang akan anda ikuti.
  4. Surat keterangan dari tempat anda bekerja. Kalau anda seorang dosen maka bisa meminta surat keterangan sebagai dosen dari Universitas/fakultas/jurusan. Jika anda seorang mahasiswa anda juga bisa melampirkan surat keterangan sebagai mahasiswa di salah satu PT di Indonesia. Saya sendiri kemarin melampirkan surat keterangan sebagai dosen dari Universitas tempat saya mengabdi ditambah dengan surat rekomendasi dari rektor untuk kemudahan disetujuinya visa saya.
  5. Bukti keuangan, biasanya ada pilihan membawa salah satu dari bukti keuangan pribadi berikut: 

** Jika Akomodasi Dibebankan Kepada Pihak Yang Diundang:
* SPT PPH 21 yang dikeluarkan oleh Direktorat Jenderal Pajak RI
* Pajak Bumi dan Bangunan yang dikeluarkan oleh Direktorat Jenderal Pajak RI
* Rekening Koran tabungan 3 bulan terakhir dan Surat Referensi Bank dari bank yang bersangkutan
* Surat Keterangan Keanggotaan Golf
* Surat keterangan Keanggotaan Hotel Berbintang 5
* Surat Keterangan Keanggotaan Jamsostek
* Bukti Tunjangan Pensiun dari Perusahaan

** Jika Akomodasi Dibebankan Kepada Pihak Pengundang:
* SPT PPH 21 yang dikeluarkan oleh Direktorat Jenderal Pajak RI
* Pajak Bumi dan Bangunan yang dikeluarkan oleh Direktorat Jenderal Pajak RI
* Rekening Koran Tabungan 3 bulan terakhir dan Surat Referensi Bank dari bank yang bersangkutan

Karena akomodasi ditanggung oleh saya sendiri (walau dapat sponsor dari luar) maka saya memilih memakai data rekening koran tabungan 3 bulan terakhir. Menurut informasi yang saya dapatkan, biasanya data keuangan kita sebaiknya di atas 15juta Rupiah agar visa kita bisa lebih mudah diterima. Saya sendiri kisaran angkanya 16juta Rupiah. Ada rekan saya yang melobi item ini sehingga dia bisa mendapatkan visa tanpa perlu memberi bukti keuangan yang memadai.

Sebelum anda memasukkan aplikasi, sebaiknya anda sudah memesan tiket terlebih dahulu dan buktinya bisa anda lampirkan dalam aplikasi visa anda. Saya sebelumnya sudah mencari tiket terlbih dahulu (biar murah meriah) sehingga bisa melampirkan ke dalam aplikasi visa anda.

Jika sudah siap, anda tinggal ke kedutaan korea selatan yang beralamat di:

The Plaza Office Tower, Lt. 30 Jl. H.M. Thamrin Kav.28-30, Jakarta Pusat 10350

Letaknya persis di gedung Plaza Indonesia dan dekat dengan bundaran HI. Jika naik BusWay anda bisa turun di stasiun bundaran HI.

Setelah tiba disana anda bisa memasukkan aplikasi pada waktu antara 09.00-12.00; sedangkan untuk mengambil visa yang telah jadi pada waktu antara 13.30-16.30.

Lama visa adalah 4 hari kerja dan bisa diwakilkan pengambilannya jika anda berada di luar kota. Saya snediri tidak ada kendala kekurangan dokumen sehingga 4 hari kemudian visa saya langsung jadi. Jika ada masalah dalam dokumen, biasanya mereka akan meminta anda untuk diwawancarai.

Demikian informasi ringan ini. Selamat mencoba!

Sumbe gambar: http://alumni.wustl.edu/Community/PublishingImages/Seoul.jpg

Iklan

12 thoughts on “Korea2013: Cara Mendapatkan Visa untuk Conference di Korea Selatan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s