Kembali Fokus

Bismillah..

Ada sebuah perbedaan mendasar ketika di akhir studi S1 dan menjelang akhir tahun pertama S2. ada seseuatu yang terasa berbeda dalam pola belajar dan semangat studi yang biasanya mewarnai hidup saya. Baru dipetakan lagi pagi ini, setelah menemukan lagi gambar peta hidup yang kurancang 3 tahun lalu, setelah membaca bukunya Prof. Dr. Marwah Daud.

Ada sekitar 8 targetan di tahun 2009. ALhamdulillah, hampir 100% bisa terpenuhi. Kemudian, kembali kulihat di tahun 2010. Masya Allah, masih banyak rupanya yang harus saya kejar. Alhamdulillah, satu mimpi selangkah lagi akan jadi nyata.. semoga benar-benar terjadi.

Semua tentu akan terpulang kepada PROSES. Hasil adalah efek dari Proses. Jika belum sempurna hasilnya, mungkin perlu ada perbaikan proses.

Berjuang kawan..
“Kita ini orang kecil.. jika tak berjuang keras mengalahkan kehidupan.. maka kehidupan yang akan mengalahkanmu..”
Jika banyak orang mudah mendapatkan sesuatu, dan tidak perlu banyak berusaha untuk mengejarnya. Namun bagi saya, terlahir dan kesederhanaan adalah cambuk untuk membuat kesempurnaan.
Tidak ada alasan bahwa keterbatasan membuat kita tak mampu berkarya.. “Namun keterbatasanlah yang menjadi alasan kenapa kita harus berkarya…”

Ada saatnya dimana kita harus sadar, disanalah batas kemampuan kita.. Batas-batas aktivitas yang tak sanggup untuk kita kerjakan. Evaluasi secara terus menerus hingga menemukan titik perbaikan adalah yang paling penting, dibanding kita sibuk dengan memarahi diri sendiri karena targetan yang agak tidak manusiawi.

Perlu kita pahami, bahwa menjadi manusia dengan segala keadaannya adalah bagian dari episode hidup yang harus kita rasakan. Biar kita sadar, bahwa sejatinya prestasi selalu terpulang kepada kehendak-Nya.. kita hanyalah manusia biasa dengan segala kealpaan dan kelalaiannya…
Semua titik yang kita capai takkan pernah sampai jika tanpa kehendaknya…

Saatnya kembali ke Peta Hidup…
Saatnya menata kembali keinginan-keinginan yang terasa mulai tak jelas dalam beberapa bulan terakhir.. Saatnya menjadi diri sendiri dengan segala kemampuan dan kesanggupan yang dimilikinya. Menuruti semua keinginan manusia hanya akan membuatmu susah payah dalam melangkah.

Jia You… !!!

Taipei, 24 Maret 2010


~ Yusuf Al Bahi ~

Iklan

One thought on “Kembali Fokus

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s