Beasiswa Master dan Ph.D NTUST

Assalamu’alaikum Wa rahmatullah Wa Barakatuh
Bismillah…

Deadline untuk fall semester 2010, pada tanggal 31 Maret 2010. Ayo.. Daftarkan diri anda..

Beasiswa National Taiwan University of Science and Technology (NTUST)

National Taiwan University of Science and Technology (NTUST) adalah salah satu universitas di Taiwan yang paling progresif membuka peluang bagi calon mahasiswa di seluruh dunia untuk kuliah program bachelor, master dan doctorate. Pada tahun 2003, universitas ini masuk 10 top asia’s universities versi Asia Week. Sesuai dengan namanya universitas ini lebih memfokuskan pada bidang science dan technology. Bidang-bidang ilmu yang ditawarkan untuk program master dan doctorate di NTUST untuk tahun akademik 2009-2010 adalah sebagai berikut:

  1. College of Engineering: Automation and Control, Materials Science & Technology, Mechanical Engineering, Construction Engineering, Chemical Engineering
  2. College of Electrical & Computer Engineering: Computer & Communication Network Program, Electrical Engineering, Electronic Engineering, Computer Science & Information Engineering (hanya doctorate).
  3. College of Management: Industrial Management, Bussiness Administration, Information Management (hanya doctorate), Finance, MBA.
  4. College of Liberal Arts & School Science: Applied Foreign Languange (hanya master)

Beasiswa ini adalah dari NTUST (bukan dari pemerintah Taiwan) yang mencakup: Tuition waiver (pembebasan beasiswa) dan monthly stipend (master: NTD10,000/month, doctorate: NTD15,000/month).  Beberapa laboratorium yang dikelola oleh Professor menawarkan research assistant (RA) atau teaching assistant (TA) dengan honor per bulan yang bervariasi antara NTD2000 – NTD8000 (bergantung pada laboratorium masing-masing).

Persyaratan yang mesti dipenuhi untuk mendapatkan beasiswa NTUST antara lain:

  1. Calon mahasiswa tidak kewarganegaraan Taiwan, Chinese Overseas, Hongkong, Macau, dan RRC.
  2. Calon mahasiswa tidak pernah dikeluarkan dari universitas di Taiwan sebelumnya.
  3. Melengkapi dokumen-dokumen berikut: Application Form, 1 Copy ijazah S-1 dan atau S-1 dan S-2 , 1 Copy Traksrip S-1 dan atau S-2 (bagi yang mendaftar Doctorate melampirkan copy ijazah dan transkrip S-1 & S-2), Surat Pernyataan Kesanggupan Pembiayaan Studi (Financial Statement). Semua dokumen diterjemahkan dalam bahasa Inggris dan dilegalisir di Kantor Dagang & Ekonomi Taipei (TETO) di Jakarta. Namun untuk pendaftaran, dokumen yang dilegalisir oleh pihak universitas di Indonesia masih diperbolehkan. Apabila diterima dan bersedia untuk studi di NTUST, maka semua dokumen mesti dilegalisir di TETO.
  4. Surat rekomendasi dari dua orang Dosen Pembimbing S-1/S2, atau Rektor dll yang mengetahui persis kemampuan calon mahasiswa dan masih relevant.
  5. Surat keterangan kesehatan paling lama 6 bulan terakhir dari rumah sakit (dalam bahasa Inggris dapat dikirimkan setelah diterima). Pemeriksaan kesehatan meliputi: Chest X-Ray (TBC), Serological test for HIV, Stool Examination for Parasites, Serological test for Syphilis
  6. Rencana studi (study plan) dalam bahasa Inggris (ini hal penting, kemukakan latar belakang, motivasi studi di NTUST, rencana penelitian, manfaat penelitian bagi Taiwan dan Indonesia, tujuan penelitian, dan pengalaman penelitian)
  7. Pendaftaran dapat dilakukan secara online: http://140.118.99.87/FA_FrontEnd/Default.aspx
  8. Batas akhir waktu pendaftaran adalah setiap 30 November untuk masuk spring semester dan 31 Maret untuk masuk fall semester setiap tahunnya.
  9. Guidlines untuk aplikasi dapat di-download melalui link berikut:  http://www.admission-e.ntust.edu.tw/front/bin/ptlist.phtml?Category=3

Walapun tidak disyaratkan secara tertulis, IPK sebaiknya > 3.50 (dari skala 4.00) dan TOEFL score > 550, karena calon mahasiswa mesti bersaing untuk memperoleh beasiswa.

Jika aplikasi tidak dilakukan secara online (disarankan untuk aplikasi online), formulir aplikasi dan dokumen-dokumen dikirimkan melalui surat ke alamat berikut:

<<Nama Department yang diminati>>
National Taiwan University of Science and Technology
No. 43 Sec. 4 Keelung Road, Taipei. Taiwan. 106

Jika mendapatkan beasiswa, mahasiswa mesti harus mengeluarkan biaya per semester untuk pembayaran asrama (dormitory) NTD6000~6200 dan health inssurance NTD4800. Biaya makan sehari-hari biasanya NTD100-150/hari dan sangat bergantung pada kebiasaan masing-masing. Rata-rata biaya hidup per bulan bagi mahasiswa single (belum menikah dan tidak mempunyai tanggungan hidup) adalah NTD6000-8000.

Selamat mendaftar, semoga berhasil.

Iklan

19 thoughts on “Beasiswa Master dan Ph.D NTUST

  1. Assalamualaikum mas Ario…

    Nama saya Riaditya, saya mahasiswa Teknik Sipil ITS yang baru saja lulus dan ingin melanjutkan studi master ke NTUST. Saya mau tanya info tentang pendaftaran Master di NTUST dengan beasiswa dari NTUST. Jujur saja saya bingung dokumen apa saja yang dibutuhkan, mungkin untuk pendaftaran yang terbaru ini ada prosedur yang berubah mohon disampaikan.

    Jika tidak keberatan mas Ario bisa memberikan alamat email kepada saya untuk persyaratan pendaftaran.

    Email saya riaditya_dwi_aryadi@yahoo.com, terima kasih mas Ario sudah banyak membantu. Blog ini memang menjadi rujukan saya untuk teman2 yang ingin mengetahui kehidupan pendidikan di Taiwan khususnya di NTUST.

    Wassalamualaikum Wr. Wb.

    • Balas disini saja ya..
      Biar yang baca juga sudah tahu..

      Sebelumnya sudah pernah ke web Admissionnya kan ?
      Dokumennya berikut :

      Required documents:

      (1) Application form, declaration, and authorization (Bisa di dapat di web admission NTUST)

      (2) One copy of passport or I.D. (Saya dulu pake fotokopi KTP.. hehehe.. :D)

      (3) One official copy of diploma and transcript authenticated by ROC (Taiwan) embassy abroad. (Kalau untuk daftar aja, ga perlu di sahkan oleh kedutaan Taiwan. CUkup pihak kampus kita. Di translate in English. Nanti kalau sudah di terima baru harus di sahkan)

      (4) One financial statement authenticated by ROC (Taiwan) embassy abroad. (Karena kita ngelamar Beasiswa, jadi ini ga perlu)

      (5) Two letters of recommendation

      (6) Study plan in English (around 300 words)

      Aa yang masih kurang jelas ?

      Sumber..
      http://www.admission-e.ntust.edu.tw/front/bin/ptlist.phtml?Category=3

  2. Terima kasih banyak sebelumnya sudah menjawab pertanyaan saya.

    Apakah setelah semua dokumen 1 s/d 6 terpenuhi berarti kita tinggal menunggu keputusan dari NTUST?

    Setelah itu apakah ada dokumen yang dibutuhkan lagi sebelum (saat menunggu keputusan)

    Dan dokumen apa saja yang dibutuhkan jika sudah mendapatkan keputusan diterima sebagai penerima beasiswa NTUST?

    • “Apakah setelah semua dokumen 1 s/d 6 terpenuhi berarti kita tinggal menunggu keputusan dari NTUST?”

      Jangan lupa.. dikirim ke kampus NTUST.. kalau sudah dikirim baru tinggal nunggu keputusan.. hehehe…

      Ga usah nyiapin dokumen lain sebelum ada keputusan diterma apa ga ? drpada dah disiapin tp ga keterima ?

      Saran : sambil nunggu ini, bisa kontak2 dengan Prof. (sebaiknya sejak mulai apply), lebih bagus kalau dpt rekomendasi Prof. NTUST.. Tapi kalau Alumni ITS Insya Allah banyak disini, kan sudah kerjasama dengan NTUST.. coba tanya ke beberapa dosen yang alumni sini (kayak pa Teguh) beliau bisa beri rekomendasi untuk menghubungi Prof. sesuai dengan minat riset kamu.

      “Dan dokumen apa saja yang dibutuhkan jika sudah mendapatkan keputusan diterima sebagai penerima beasiswa NTUST?”

      Ini saya kopikan dr blog mas Hendra
      http://nra402.wordpress.com/category/beasiswascholarships/

      Setelah pengumuman penerimaan beasiswa NTUST dipublish, kita akan mendapat kiriman email dari pihak NTUST yang menyatakan bahwa pendaftaran beasiswa kita diterima oleh NTUST. Untuk selajutnya kita diharapkan mengurus lagi deh persyaratan untuk daftar ulang di NTUST. Boleh dibilang tahapan ini yang memaksa orang untuk berpikir lebih dari sekali dalam menerima beasiswa yang diberikan. Liat aja list dibawah ini :

      1. Pembuatan passport bagi yang belum memiliki. Estimasi biaya : Tergantung tempat pembuatan.

      2. Legalisir Ijazah dan transkrip nilai asli dari institusi tempat kita belajar, cukup satu lembar untuk setiap item. Klo ijazah dan transkrip nilai masih dalam bahasa Indonesia, harus diterjemahkan terlebih dahulu kedalam bahasa Chinese ato English. Sebaiknya institusi tempat kita belajar yang membuat terjemahan dari kedua item tersebut. Estimasi biaya : tergantung dari setiap institusi yang mengeluarkan legalisir. Oh, iya… jangan lupa membawa contoh spesimen tanda tangan pejabat yang melegalisir.

      3. Pembuatan asuransi kesehatan dan kecelakaan (sebagai catatan, askes tidak disarankan untuk digunakan… karena sudah terdapat beberapa kasus dimana askes tidak mencantumkan secara detail periode asuransi). Jika asuransi kesehatan dan kecelakaan masih dalam bahasa Indonesia, asuransi tersebut harus di terjemahkan kedalam bahasa chinese ato english oleh penerjemah tersumpah yang diakui oleh departemen hukum dan HAM RI. Sedikit tips untuk item ini, usahakan asuransi kesehatan dan kecelakaan dijadikan satu dokumen saja (lebih dari satu lembar tidak masalah). Karena akan menghemat biaya… kita buktikan nanti dibawah 😀 . Estimasi biaya : Asuransi kesehatan dan kecelakaan sekitar 200rb – 300rb rupiah. Terjemahan perlembar 40rb rupiah.

      4. Pembuatan surat kesehatan untuk keperluan keberangkatan international. Biasanya dapat dilakukan di rumah sakit di Indonesia, cari saja tempat pemeriksaan untuk tenaga kerja Indonesia yang akan berangkat ke luar negeri. Kalo di Surabaya dapat dilakukan di RS dr Soetomo.Dokumen kesehatan sudah dalam english, tidak perlu diterjemahkan lagi. Estimasi biaya : 300rb rupiah.

      5. Berikutnya pengurusan akan dilakukan di Jakarta yaitu di Departemen Hukum dan HAM RI, Departemen Luar Negeri RI dan kantor perwakilan R.O.C di Indoensia – TETO Jakarta. Untuk pengurusan ini biasa dititipkan di biro perjalanan atau mengurus sendiri di Jakarta. Catatan, jika menitipkan di biro perjalanan pastikan dokumen apa saja yang diperlukan, pihak biro tidak bertanggung jawab terhadap dokumen yang kurang. Estimasi biaya jika menggunakan jasa biro perjalanan : perdokumen 700rb rupiah. Jika pengurusan dilakukan sendiri… dapat menghemat biaya. Untuk yang melakukan pengurusan sendiri dapat melihat point no 6 dst.

      6. Bawa legalisir ijazah, legalisir transkirip nilai (point 2), asuransi kesehatan asli, asuransi kesehatan english (point 3)… Total 4 dokumen (klo asuransi kesehatan n asuransi kecelakaan dipisah, totalnya jadi 6 dok).

      * Departemen Hukum dan HAM RI Jl. H.R Rasuna Said kav 6-7 Kuningan Jakarta Selatan (2 hari kerja : 10rb rupiah perdokumen). Setelah selesai…
      * Departemen LuarNegeri RI Jl. Pejambon no.6 Jakarta Pusat (3 hari kerja : 1orb rupiah perdokumen). Setelah selesai…
      * Perwakilan R.O.C di Indonesia TETO Jakarta. Lantai 12 (Divisi Pelayanan) Lantai 17 Gedung Artha Graha, Jl Jendral Sudirman, Jakarta. Legalisir di TETO (5 hari kerja : 140rb perdokumen).

      Pembuatan visa ke R.O.C Taiwan dapat dilakukan setelah semua dokumen selesia dilegalisir. Biaya pembuatan visa 630rb rupiah (3 hari kerja).

  3. Comment saya yang ini…
    “Oh ya.. ada yang lupa, Surat Kesehatan perlu dibuat juga?”
    Ga usah dibales.

    Udah jelas apa yang dijelaskan mas Ario. Memang butuh pikir2 lagi tentang biaya yang dikeluarkan saat diterima, cukup mahal apalagi untuk ukuran mahasiswa seperti saya harus putar otak lagi untuk melewatinya. Terima Kasih banyak mas Ario, ini jawaban paling detil yang pernah saya terima mengenai beasiswa NTUST.

    • Betul dik..
      Saya juga pontang panting ngeluarin biaya pra-nya dulu.. hehehe.. sebuah perjuangan tersendiri.. Insya Allah disini, setelah diterima beasiswa, semua uang2 yang mngkn cukup berat itu akan terasa ringan. Karena selain beasiswa 10rb NT/bulan itu yang terima.. ada juga tambahan2 dari lab dik.. Jadi jangan khawatir..

      Sukses ya.. 🙂

  4. halo, maap, baru ketinggalan jaman, udah dari tahun 2007 ya, skrg 2011.. hahaha
    kak, mau tanya nih, gua juga orang surabaya,
    mau daftar(beasiswa) ke NTUST buat awal tahun depan 2012.. kira2, saya harus apa ya kak, rumit banget..

    pertama kan:
    1. daftar admision di NTUST admision, trus
    2. download form pendaftaran international students
    3. trus gimana kak??..

    tolong bantuiin step by step nya ya kak, untuk pendaftaran aja dulu kak, nanti kalau sudah di terima, baru tanya lagi jelasnya ^^,

    thanks ya kak,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s