Beasiswa Fulbright untuk S2 dan S3, Kuliah di Amerika Jadi Kenyataan..

 MIT.. I wish i study there…

ario1.jpg

Kalau ingin kuliah di Amerika cobalah beasiswa Fulbright yang ditawarkan American Indonesian Exchange Foundation (Aminef). Menurut Michael E. McCoy, executive Director Aminef, ada 1428 pelajar Indonesia yang sudah menerima beasiswa Fulbright. Sebagian besar beasiswa ini disiapkan untuk jenjang S2 dan S3.

Sudah banyak alumni penerima beasiswa Fulbright yang kini menempati posisi penting di Indonesia seperti Juwono Sudarsono yang sekarang jadi Menteri Pertahanan, Azyumardi Azra mantan Rektor UIN, Ichlasul Amal mantan Rektor UGM, Dien Syamsudin Ketua PP Muhammadiyah, dan Artidjo Alkostar sebagai hakim agung.

Beasiswa Fulbright ditawarkan Amerika sejak 1952 dan setiap tahun jumlahnya selalu ditambah. tahun 2006 misalnya ada 40 penerima beasiswa. Tahun 2007 ini kuota penerima beasiswa ditambah menjadi 100 mahasiswa. Anggaran yang disediakan juga melonjak dari US$3 juta menjadi US$10 juta.

Untuk mendapatkan beasiswa Fulbright pelamar bisa mendownload formulir lamaran yang tersedia di website Aminef.
Setelah berkas lamaran diisi lengkap, kirimkan ke kantor Aminef. Biasanya lamaran paling lambat diterima Aminef pada bulan Mei.

Pelamar beasiswa bisa memilih sendiri universitas yang ingin dituju. Jika lolos seleksi dan berhak atas beasiswa maka semua biaya pendidikan akan ditanggung Aminef. Tapi biaya pengurusan paspor menjadi tanggungan calon penerima beasiswa.

Beberapa beasiswa yang ditawarkan Aminef:
o Fulbright Master’s Degree Program menawarkan beasiswa untuk kuliah S2 di Amerika.
Syaratnya: S1, nilai IPK minimal 3 dan TOEFL 550.
o Fulbright-Freeport Master’s Degree Program untuk penduduk asli Papua yang ingin mengembangkan pembangunan di Papua Syaratnya: S1, IPK minimal 3, punya komitmen membangun Papua, dan TOEFL minimal 500
o Fulbright Tsunami Relief Initiative Program, dan fulbright-Sampoerna Foundation Master’s Degree in Business Administration (MBA).
o International Fulbright Science and Technology Award for PhD
Ditawarkan untuk WNI yang telah selesai S2 atau mahasiswa S1 yang sedang menyelesaikan S2 dengan tenggat 1 Agustus 2008. Syarat: S1 atau S2, IPK minimal 3, berjiwa pemimpin, memiliki pengetahuan budaya, mampu menyelesaikan kuliah selama menerima beasiswa, bersedia kembali ke Indonesia setelah selesai Pendidikan, dan memiliki nilai TOEFL 580. bidang studi yang ditawarkan meliputi: Aeronautika, Astronomi, Biologi, kimia, matematika, fisika, teknologi, geologi, neuroscience, oseanography. Batas akhir penyerahan aplikasi 15 April 2007.

untuk informasi lengkap hubungi:

AMINEF
Gedung Balai Pustaka Lt.6
Jl. Gunung Sahari Raya No.4 jakarta 10720
Telp. +6221 3452016-3452018 Fax. +6221 3452050

Diambil dari: USA Fulbright scholarship for master’s degree and phd

About these ads

28 thoughts on “Beasiswa Fulbright untuk S2 dan S3, Kuliah di Amerika Jadi Kenyataan..

  1. asslm

    kayaknya enakbanget kuliah disana mas..aku baru tamat s2 biologi dansedang cari peluang untuk bisadapat beasiswa kuliah S3..tapi skor toeflku rendah banget ngaknyampe 500..gimana caranya mas biar toeflnya nyampe apalagi nyang diajukan disiniampe580..have any solution for me to improve my english???pls helpme….

    mas krirmkan ke email aku masukandansaran mas biar aku bisa kuliah di amerika supaya bisa membangun islam dan indonesia….makasihatas informasinya mas

    assalamu’alaikum

  2. WEkkkkk… saya ikut, bermodal IPK 3.3 dari UI , dan nilai Institutional TOEFL 617… tetep ajeeee engga lolos HAHAHAHA pas tahun kemaren
    Nih, mau coba lagi, udah dapet skor International Based TOEFL 99…

    Quote: “semua beasiswa tidak akan pernah jelas, kenapa dan bagaimana kita mendapatkannya”

    Jadi yang bisa dilakukan, KEJARRR TERUSSSSS

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s